Kamis, 27 Maret 2014

Sejarah dan perkembangan musik rock di indonesia

Perkembangan Musik Rock Di Indonesia

Sejarah musik rock indonesia, http://marizathfy.blogspot.com/

Pendokumentasian mengenai sejarah awal dan perkembangan musik rock di Indonesia. Penelitian akan fokus secara periodik dekade. Dari dekade 50-an hingga dekade 2000. Dimulai sejak era 50-an yang dianggap sebagai tonggak awal dimulainya era musik rock di Indonesia; mangsa 60-an yang mulai menandai adanya pembauran antara musik dan politik; era 70-an yang melahirkan banyak musisi legendaris dan berpengaruh; dekade 80-an yang kembali menebalkan identitas musik rock sebagai musik perlawanan, namun di satu sisi lain tetap menggambarkan keliaran ala anak muda yang kala itu terjangkit demam heavy metal; era 90-an yang melahirkan generasi X yang apatis; hingga masa senjakala musik rock di dekade 2000, dimana kejayaan musik rock mulai digantikan oleh musik pop. Selain itu akan ada tambahan katalog dari band-band rock Indonesia yang berpengaruh, beserta foto, dan diskografi lengkap.
Tujuan 

Musik rock menjadi salah satu genre musik terpenting dalam 3 atau 4 dekade terakhir, begitu pula di Indonesia. Hasil penelitian ini akan sangat berguna bagi beberapa peneliti atau orang-orang yang ingin menggali kembali khazanah musik rock di Indonesia. Selain itu, musik rock di Indonesia ternyata amat dihargai di negara lain. Strawberry Rain Records, sebuah perusahaan rekaman asal Amerika Serikat, misalnya, membeli kembali hak produksi album AKA dan memproduksinya kembali dalam format piringan hitam. Ini menandakan ada banyak pihak yang menggali kembali musik rock Indonesia. Selain itu, hasil penelitian ini akan sangat berguna bagi para peneliti lain yang ingin meneliti mengenai musik rock dan hubungannya dengan bidang lain, seperti politik atau ekonomi.

Masalah

Masalah terbesar mungkin mencari arsip-arsip lama terkait sejarah kemunculan pertama musik rock di Indonesia. Karena saat genre ini muncul --pada warsa 50-an-- sepertinya belum ada kesadaran umum mengenai pentingnya pengarsipan. Namun harapan muncul karena ternyata masih ada segelintir orang yang saat itu sudah menyadari pentingnya arsip bagi masa depan. Dari sini saya akan menemui beberapa orang mulai dari wartawan musik senior dari era majalah musik Aktuil, musisi, hingga wartawan musik era 90-an ke atas dan para fans yang menyimpan arsip-arsip bersejarah mengenai sejarah awal dan perkembangan musik rock di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar